Sebermulanya adalah pengaruh

Media sosial sering disebut sebagai cerminan relasi sosial kita. Benar adanya, paling tidak bila menengok fakta bahwa komposisi warga intenet (netizen) yang berkelas-kelas. Persis kondisi masyarakat kita.

Modal paling kasat adalah jumlah pengikut. Jangan heran dulu di Twitter, ada “fakir follower”. Ada pula para “buzzer” (baca: akun berpengaruh). Kata “buzzer” itu setaraf “pendering alarm”.

Dalam praktiknya, mereka memang “pendering alarm”. Orang yang memberi sinyal agar khalayak terbangun–terutama para pengikutnya. Dan lantas tergugah untuk mengikuti isu yang mereka bunyikan.

Tiap status Facebook mereka disambut ratusan hingga ribuan tanda suka. Pun ada para kawan setia yang bersedia membagikannya, menyebarluaskan (share). Di Twitter, kicauan mereka menuai banyak retweet. Tagar (hashtag) yang mereka kicaukan siap digemakan para pengikutnya.

Belakangan, kata “buzzer” itu kena unsur peyoratif. Kata itu telanjur menempel dengan sentimen negatif. Ada kecurigaan soal uang yang mengalir kepada mereka dalam meniupkan tiap isu. Ada kekhawatiran soal isu pesanan. Dan sebagainya, sebangsanya.

Memang ada konsep influencer marketing, yang ikut merebak seiring dengan perkembangan media sosial. Betul pula ada sejumlah praktik yang bisa mengonfirmasi setiap laku dalam pernyataan di atas. Tapi apakah itu dilakukan oleh semua “buzzer” (sekali lagi, baca: akun berpengaruh).

Pertanyaannya: Apakah setiap “buzzer” itu punya agenda terselubung? Apakah mereka mendapat uang dalam tiap kicauan atau status yang mereka kirimkan? Pendek tanya, apakah benar mereka berdagang pengaruh di media sosial?

Pada akhirnya, dengan segala unsur peyoratif yang telanjur melekat, jangan heran bila nyaris tidak ada orang yang disebut sebagai “buzzer”, akan menyambut gelar itu dengan senang hati.

*) Selamat hari buzzer, eh maaf, blogger, yang sudah lewat sehari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s